Selasa, 13 Desember 2011

materi- materi kuliah

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

  Belajar merupakan key term (istilah kunci) yang paling penting dalam pendidikan.Tanpa belajar, sesungguhnya tak pernah ada pendidikan .
   Belajar adalah proses ilmiah, karna belajar merupakan suatu kegiatan mental yang tidak dapat diamati dari luar. Hasil belajar hanya bisa diamati jika seseorang menampakkan kemampuan yang telah diperoleh melalui belajar. Karenanya, berdasarkan kemampuan yang ditampilkan dapat di tarik kesimpulan bahwa seseorang telah belajar.

    Menurut Moh Surya pada tahun 1997 mengemukakan ciri-ciri dari perubahan perilaku yakni:
1.                 Perubahan yang disadari dan yang disengaja (intensional)
v  Perubahan perilaku yang disadari merupakan usaha sadar dan disengaja dari individu yang bersangkutan.
2.                Perubahan yang berkesinambungan (kontiniu)
v  Bertambahnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki pada dasarnya merupakan kelanjutan dari pengetahuan dan keteramplan yang telah diproleh sebelumnya.
3.                Perubahan yang fungsional
v  Setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan hidup individu yang bersangkutan, baik untuk kepentingan masa sekarang maupun masa mendatang.
4.                 Perubahan yang bersifat positif
v  Perubahan perilaku yang terjadi bersifat normative dan menunjukkan kearah kemajuan
5.                  Perubahan yang bersifat aktif
v  Untuk memperoleh perilaku baru, individu yang bersangkutan aktif berupaya melakukan perubahan
6.                 Perubahan yang bertujuan dan terarah
v  Individu melakukan kegiatan belajar pasti ada tujuan yang ingin di capai, baik tujuan jangka pendek, jangka menengah maupun janka panjang.
7.                  Perubahan yang bersifat permanen
v  Perubahan perilaku yang diperoleh dari proses belajar cendrung menetap dan menjadi bagian yang melekat dalam dirinya.
8.                Perubahan perilaku secara keseluruhan
v  Perubahan perilaku belajar bukan hannya sekedar memperoleh pengetahuan semata tetapi termasuk memperoleh perubahan dalam sikap dan keterampilan

Menurut gagne (abin syamsudin makmun, 2003)
Perubahan perilaku yang merupakan hasil belajar dapat terbentuk:
1.      Informasi verbal
2.       Kecakapan intelektual
3.        Strategi kognitif
4.        Sikap
5.        Kecakapan motorik

            Moh, surya (1997) mengemukakan hasil belajar akan tampak dalam:
1.       Kebiasaan
2.       Keterampilan
3.       Pengamatan
4.       Berfikir asosiatif
5.       Berfikir rasional dan kritis
6.      Sikap
7.      Inhibisi (menghindari hal yang mubazir)
8.      Apresiasi (menghargai karya-karya bermutu)
9.      Perilaku afektif

           Menurut bloom perubahan perilaku yang terjadi sebagai hasil belajar meliputi:
1.   kogniif
2.  afektif
3.  psikomotor

TEORI BELAJAR
1.   Teori belajar behaviorisme
ü  Adalah perubahan perilaku yang terjadi melalui proses stimulus dan respon bersifat mekanisme
2.  Teori belajar kognitivisme
ü  Adalah para peserta didik memproses informasi dan pelajaran melalui upaya mengorganisir, menyimpan dan kemudian menemukan hubungan antara pengetahuan yang baru dengan pegetahun yang telah ada. Model ini menekankan pada bagaimana informasi diproses


3.    Teori belajar konstruktivisme
ü  Membangun ( to construct) pengetahuan itu sendiri ( bootzin, 1996), setelah dipahami, dicernakan dan merupakan perubahan dari dalam diri seseorang (form within).
Belajar :
·         Dari hati (pikiran)
·         Dari rambut ( seperti asalnya)
·         Leksikal: kosakata (kata / leksem)
·         Leksikon : otak/ menyimpan kata


1.  PENGERTIAN BELAJAR MENURUT PARA AHLI:
A.    Moh Surya pada tahun 1997
*      Belajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berintegrasi dengan lingkungannya.
B.     Ormrod pada tahun 1995
*      Belajar adalah perubahan perilaku dan mental yang relative permanen karena pengalaman.
C.     Witherington pada tahun 1952
*      Belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respon yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan kecakapan.
D.    Hilgard pada tahun 1962
*      Belajar adalah proses dimana suatu prilaku muncul atau berubah karena adanya respon terhadap sesuatu situasi.
E.     Gage dan Berliner
*      Belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang muncul karena pengalaman.
F.      Klien ( learning principles and application, 1993)
*      Belajar adalah proses exsperensial (pengalaman) yang menghasilkan perubahan perilaku yang relative permanen dan yang tidak dapat dijelaskan dengan keadaan sementara kedewasaan, atau tendensi alamiah.



2.      PENGERTIAN PEMBELAJARAN MENURUT  PARA AHLI

A.    Gagne dan Briggs (1973)
·         Pembelajaran adalah suatu system yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal
B.     Degeng (1984)
·         Pembelajaran merupakan upaya untuk membelajarkan siswa.
C.     Nikson (1992) hubungannya dengan pelajaran matematika.
·         Pembelajaran matematika adalah suatu upaya membantu siswa untuk mengkonstruksikan (membangun) konsep-konsep atau prinsip-prinsip matematika dengan kemampuannya sendiri melalui proses internalisasi sehingga konsep atau prinsip itu terbangun kembali.
D.    Pengertian pembelajaran secara khusus:
·         Behavioristik: pembelajaran adalah usaha guru membentuk tingkah laku yang diinginkan dengan menyediakan lingkungan (stimulus)
·         Kognitif:  pembelajaran adalah cara guru memberi kesempatan pada siswa untuk berfikir agar dapat mengenal dan memahami
·         Gestalf:  pembelajaran adalah usaha guru untuk memberikan materi pembelajaran sedemikian rupa sehingga siswa lebih mudah mengorganisasikannya (mengaturnya) menjadi suatu pola gestalt ( pola bermakna).
·         Humanistik: pembelajaran adalah memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih bahan pelajaran dan cara mempelajarinya sesuai dengan minat dan kemampuannya. (Darsono Max, 2000)

Dari uiraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran:
v  Merupakan proses interaksi antara guru dengan siswa yang ditujukan untuk melakukan perubahan sikap dan pola pikir kearah yang lebih baik untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

         Brue weil (1980) 3 prinsip penting dalam proses pembelajaran :
1.  Proses pembelajaran adalah membentuk kreasi lingkungan yang dapat membentuk atau mengubah struktur kognitif siswa
2.     Berhubungan dengan tipe-tipe pengetahuan yang harus dipelajari (fisis social dan logika)
3.   Dalam proses pembelajara harus melibatkan peran ligkungan, siswa akan lebih baik mempelajari pengtahuan logika dan social melalui pergaulan dan hubungan social.

3.      CIRI-CIRI BELAJAR
1.      Belajar adalah suatu pengalaman yang terjadi didalam diri si pelajar yang diaktifkan oleh individu itu sendiri.
2.      Belajar adalah penemuan diri sendiri.
3.      Belajar adalah konsekuensi dari pengalaman.
4.      Belajar adlah proses kerjasama dan kolaborasi.
5.      Belajar adalah proses evolusi, bukan revolusi karena perubahan perilaku memerlukan waktu dan kesabaran.
6.      Belajar adalah proses emosional dan intelektual.
7.      Belajar bersifat individual dan unik.

                  CIRI-CIRI PEMBELAJARAN:
1.  Mengaktifkan motivasi
2.  Memberitahukan tujuan belajar                                                                                                                      
MMerancang kegiatan dan perangkat pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat terlibat secara aktif, terutama secara mental.
4.  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat merangsang berfikir siswa (proviking question)
5.  Memberikan kemampuan terbatas kepada siswa tanpa memberikan jawaban final
6.  Menghargai hasil kerja siswa dan memberikan umpan balik
7.  Menyediakan aktivitas dan kondisi yang memungkinkan terjadinya konstruksi pengetahuan.
4.      TUJUAN BELAJAR
1.      Untuk memperoleh perubahan tingkah laku dari pembelajaran
2.      Untuk membangun sikap yang positif terhadap sesuatu
3.      Untuk menentukan apakah suatu kegiatan belajar yang dilakukan berhasil atau tidak.

         Benyamin S Bloom menggolongkan tujuan belajar atas 3 ranah:
1.   Ranah Kognitif, berkaitan dengan perilaku yang berhubungan dengan berfikir, mengetahui dan memecahkan  masalah.
2.    Ranah Afektif, berkaitan dengan sikap, nilai-nilai dan minat apresiasi dan penyesuaian perasaan social.
3.    Ranah psikomotor, berkaitan dengan keterampilan (skill) yang bersifat manual dan motorik.

    Tujuan pembelajaran:
1.      1. Tujuan umum adalah pernyataan umum tentang hasil pembelajaran yang diinginkan.
2.      2. Tujuan khusus adalah pernyataan khusus tentang hasil pembelajaran yang diinginkan.
3.      3 Tujuan pendukung adalah memberi tekanan pada spesifikasi isi bidang studi dan prilaku siswa.
4. Tujuan yang bersifat orientatif diklasifiksikan atas tiga tujuan yaitu:
1.                    Tujuan orientatif konseptual
         tujuan ini agar siswa memahami konsep-konsep penting yang tercangkup dalam suatu bidang studi                  serta kaitan –kaitan yang ada diantaranya.
2.                    Tujuan orientatif procedural
         Agar siswa belajar menampilkan prosedur atau seperangkat prosedur.
3.                   Tujuan orientatif teoritik
         Agar siswa memahami hubungan kausal penting yang tercangkup dalam satu bidang studi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar